Halaman

Selasa, 27 November 2012

JENIS SURAT DAN BAGIAN BAGIAN SURAT


Surat adalah salah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan dari satu pihak ke pihak lain baik itu secara perorangan atau organisasi (kelompok).  Unsur – unsur surat yaitu:
1.    Pengirim, yaitu orang atau organisasi yang menyampaikan pesan.
2.    Pesan, yaitu isi surat berupa informasi, instruksi, gagasan, atau perasaan pengirimnya.
3.    Penerima, yaitu orang atau organisasi yang menerima pesan
4.    Saluran, yaitu bagaimana pesan tersebut  diformulasikan dalam ragam bahasa tulis dan disajikan dalam format yang sesuai dengan keperluan.
 Jenis-jenis Surat
2. Surat Resmi
3. Surat Dinas
1. Bagian-Bagian Surat Undangan
1. Kepala Surat
1. Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat yang dipergunakan untuk kepentingan pribadi dan isinya berhubungan dengan urusan pribadi antara seseorang dengan orang lain.
Contoh surat pribadi: Surat seorang anak kepada orang tuanya atau surat yang dikirim seseorang  kepada temannya.

Ciri-ciri surat pribadi seperti berikut :
-       Tidak menggunakan kop surat/kepala surat
-       Tidak menggunakan nomor surat
-       Salam pembuka dan penutup surat bervariasi
-       Penggunaan bahasa bebas (bukan bahasa baku), sesuai dengan keinginan si penulis surat.
-       Format surat bebas yaitu tidak ada aturan khusus

2. Surat Resmi

Surat resmi adalah surat yang dipergunakan untuk kepentingan yang bersifat resmi, baik yang ditulis dari perseorangan kepada instansi, instansi kepada karyawannya, instansi kepada instansi lain, dari sebuah lembaga kepada lembaga lain, atau dari sebuah organisasi kepada   organisasi lain.
Contohnya: surat undangan, surat pemberitahuan, dan surat edaran.

Ciri-ciri surat resmi, seperti berikut.
-       Menggunakan kepala surat jika yang mengeluarkannya adalah lembaga atau organisasi
-       Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
-       Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim atau resmi, seperti:
     Assalamualikum, dengan hormat, hormat saya
-       Menggunakan bahasa resmi atau bahasa baku
-       Menggunakan cap/stempel jika berasal dari sebuah organisasi atau lembaga resmi
-       Penulisan surat mengikuti format surat tertentu (tidak bebas)

3. Surat Dinas

Surat dinas ialah surat yang dipergunakan untuk kepentingan pekerjaan, tugas dari kantor, atau kegiatan dinas. Surat ini berasal dari instansi atau lembaga baik swasta maupun negeri. Contoh: surat tugas, surat perintah, memorandum, dan surat keputusan. Surat dinas yang berifat perseorangan ialah surat lamaran pekerjaan, surat permohonan izin, dan surat permohonan cuti.

Ciri-ciri surat dinas :
-       Menggunakan kop/kepala surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
-       Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
-       Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku atau resmi, seperti : dengan hormat atau hormat kami
-       Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
-       Menggunakan cap/stempel instansi atau kantor pembuat surat
-       Format surat tertentu.

Kepala surat  terdiri dari :
-       nama badan usaha,
-       (alamat badan usaha,
-       nomor telepon,
-       kotak pos,
-       identitas lainnya,
-       tanggal surat,
-       nomor yang ditujukan/alamat dalam.

2. Isi Surat
Isi surat terdiri dari :
-       salam pembuka
-       alasan,
-       hari dan tanggal,
-       waktu,
-       tempat,
-       acara.

3. Penutup/Kaki Surat
Kaki surat terdiri dari :
-       nama badan usaha,
-       jabatan,
-       nama jelas