Halaman

Sabtu, 15 Desember 2012

MENANGGAPI RUBLIK KHUSUS DALAM BENTUK KALIMAT SARAN (edisi latihan UN SD 2013)


Indikator : Disajikan rublik khusus surat pembaca, siswa dapat menemukan kalimat saran yang tepat.


Di dalam koran atau majalah terdapat berbagai macam karangan dan informasi, baik fiksi maupun non fiksi. Informasi tersebut akan dikelompokkan berdasarkan jenisnya masing-masing. Pengelompokkan tersebut dinamakan rublik atau ruang tetap yang memuat informasi sejenis.
Dalam sebuah majalah misalnya, terdapat ruang  tetap (ruplik) mengenai tajuk rencana, surat pembaca, cerpen, puisi, cergam, laporan kunjungan, artikel, dan lain-lain.
Isi rubrik surat pembaca biasanya berupa keluhan, kritkan atau saran. Saran adalah pendapat atau usul yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Kritik merupakan kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap  suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.
Setiap majalah atau koran memiliki nama rubrik yang berbeda.

Kita dapat memberikan tanggapan, saran, pertanyaan atau kritik terhadap isi sebuah ruplik khusus. Caranya sebagai berikut.
1.     Tentukan tanggapan: saran, pertanyaan, atau kritik yang akan kamu sampaikan!
2.     Tentukan alasan atas tanggapanmu!
3.     Sampaikan tanggapanmu dengan kalimat yang runtut, mudah dipahami, dan sopan!

Perhatikan contoh yang disampaikan Nafi dalam  menanggapi rublik khusus yang terdapat dalam majalah Bobo. Dalam hal ini Nafi menanggapinya dalam bentuk pertanyaan.
                                     SUMBER :  www.crayonpedia.org/mw/Aku_Cerdas!
Perhatikan contoh informasi dalam sebuah surat kabar berikut !

Dari informasi di atas kita dapat membuat kalimat saran yang sesuai dengan rublik khusus tersebut.
Contoh kalimat saran tersebut antara lain :
Seharusnya agar warga tidak terganggu pemelihara ayam selalu menjaga kebersihan kandang ayamnya, agar tidak ada lalat dan tidak bau.


Latihan soal
1.  Perhatikan rublik surat pembaca dari majalah Bobo berikut !

Hello, Bo! How are you? Bo, apa benar kalau ada yang kirim ‘Apa kabar, Bo?’ lewat surat pernah ada yang enggak dimuat? Kalau benar, suratku ini dimuat, ya. Please! Soalnya ini surat yang terakhir yang boleh aku kirim ke Bobo. Bo, aku enggak berlangganan Bobo, tetapi aku membeli majalah Bobo terus karena aku enggak mau ketinggalan setiap edisinya. Oh, ya, Bo. Siapa yang mau bersapen denganku, silahkan!  Aku ingin punya sapen laki-laki atau perempuan umur 9-12 tahun. Sudah itu saja. Maaf, kalau surat dan namaku kepanjangan. Salam untuk kakak-kakak redaksi dan juga penghuni Negeri Kelinci.
Sumber: Bobo, Tahun XXXIX, 8 Desember 2011

Kalimat saran yang tepat sesuai dengan isi surat pembaca diatas adalah . . .
      a.   Surat pembaca merupakan media untuk mengungkapkan isi hati pembaca kepada   
            redaksi majalah.
      b.   Sebaiknya kita jangan hanya meminta surat pembaca kita dimuat, tetapi buatlah surat   
             dengan bahasa yang menarik dan jelas.
      c.    Dalam menulis surat kita harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
      d.    Tidak ada salahnya kita meminta orang lain untuk bersahabat pena dengan kita.


     2.  (1) Hai Bo, apa kabar ? Semoga baik-baik saja ya !
    (2) Bo, kok aku mengirim surat di “apa kabar, Bo” tidak pernah dimuat, sih ?
    (3) Oh iya, Bo. Bagaimana kalau surat dari teman-teman yang tidak dimuat   
          dijadikan minibook sebagai bonus ?
    (4) Terus tolong faunanya tentang hiu goblin, Bo !  

Sumber : Bobo, Tahun XXX1X, 10 Nopember 2011.

Kalimat saran yang tepat terdapat dalam rublik surat pembaca tersebut adalah ....
a.    (1)
b.    (2)
c.    (3)
d.    (4)