Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Selasa, 10 Juli 2012

ACARA PELEPASAN DAN PERPISAHAN SISWA SISWI KELAS 6


Acara pelepasan dan perpisahan siswa siswi kelas 6 SD Negeri Bojonggede 03 adalah sebuah acara yang sudah menjadi rutinitas tahunan. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka dengan hadiah Alfatihah yang langsung dipimpin oleh Bapak Komarudin, S.Pdi  selaku guru agama dan pembacaan kalam Illahi oleh ananda M. Fikri alumni SDN. Bojonggede 03 dua tahun silam. Pembawa acara kali ini adalah Ibu Sri Hastuti dan Bapak Syahdian Agusti.


Sambutan ketua Panitia Penyelenggara Pelepasan dan Perpisahan kelas 6 disampaikan oleh Bapak Ojak S.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa acara kali ini dipadukan dengan berbagai atraksi seni hasil binaan guru-guru dengan tujuan ikut melestarikan budaya nasional agar tidak tergerus oleh majunya arus globalisasi. Beliau juga melaporkan bahwa SDN. Bojonggede pada tahun ini meluluskan 177 siswa dengan hasil Ujian Nasional tertinggi 27,70 dan semua siswa peserta ujian dinyatakan lulus 100%. Menutup sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara dan menyampaikan permohonan maaf bila dalam acara kali ini terdapat banyak kekurangan.

Ibu Suhartini, S.Pd selaku Kepala Sekolah juga memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan kepada siswa siswi kelas 6 yanng akan meninggalkan sekolah dasar negeri Bojonggede 03 agar lebih giat belajar agar semua cita-cita para siswa dapat tercapai. Kepada orang tua siswapun Ibu Kepala Sekolah ini menyampaikan terima kasih dan permohnan maaf yang sedalam-dalamnya jika selama siswa kelas enam tahun pelajaran 2011/2012 banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.
Berbagai kreatifitas seni dan budaya yang dipertunjukkan oleh siswa siswi Sekolah Dasar Negeri Bojonggede 03 mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6 begitu memukau. Berbagai kesenian daerah yang ada di Indonesia mampu dipertunjukkan dengan baik, sehingga semua siswa dan orang tua siswa yang hadir pada acara tersebut dibuat kagum atas kemampuan seni yang ditampilkan siswa.
Acara terakhir adalah pelepasan dan penyerahan kembali siswa yang telah lulus dari Sekolah Dasar Negeri Bojonggede 03 kepada orang tua untuk dilanjutkan pendidikannya baik di rumah, di masyarakat dan di lembaga pendidikan yang lebih tinggi yaitu, SMP, MTs ataupun pondok pesantren. Setelah siswa diserahkan kembali kepada orang tuanya dilanjutkan dengan saling bersalaman antara siswa, orang tua siswa dan guru sebagai wujud permintaan maaf dan ucapan terima kasih.


Pada saat pelepasan dan penyerahan kembali itulah saat-saat yang paling mengharukan. Alunan musik dan puisi perpisahan yang dibacakan oleh Ibu Esih, S.Pd menambah harunya suasana hati. Perasaan gembira bercampur sedih karena perpisahan telah dapat meneteskan air mata baik siswa, orang tua dan Bapak, Ibu Guru.
Berikut adalah foto-foto kegiatan pelepasan dan perpisahan siswa siswi kelas enam serta kretifitas seni yang dipertunjukkan.
Tim Marawis SDN Bojonggede 03
Kesenian tradisional Jawa Barat
Tari Modern
Atraksi karate
Tari Daerah