Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Kamis, 02 Februari 2012

Berbagi Adalah Kebiasaan Kami

"   Sesungguhnya harta yang telah kita miliki dan yang akan kita
nikmati adalah harta yang kita telah shodakohkan
atau kita infakkan dengan ikhlas"
" Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? 
Itulah orang yang menghardik anak yatim, 
dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.  (Qs . Al-Maa’uun : 1-3) '"

November 2009 masyarakat kami ( Kp. Parakan Jati Rt. 05/03 Desa Susukan Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor) membentuk suatu wadah untuk berbagi kepada anak yatim yang ada di lingkungan kami, dan wadah ini kami beri nama Kaafilul Yatim.

Tujuan dari di bentuknya wadah ini adalah semata-mata mengharapkan ridho Allah Swt, karena dalam pandangan kami saling membantu terlebih kepada yatim merupakan suatu keharusan sesuai yang diamanatkan Allah dalam firman-Nya.

Alhamdulillah semenjak November 2009 Kaafilul Yatim telah mampu menyantuni yatim setiap bulannya Rp 70.000,00/ orang dan mulai Januari 2012 ditingkatkan menjadi Rp 100.000,00/orang. Selain santunan tiap bulan Kaafilul Yatim juga membantu untuk membayar bulanan uang sekolah bagi sekolah yang tidak membebaskan biaya buat yatim tersebut. Tidak hanya itu tiap menjelang hari raya Idul Fitri Kaafilul Yatim juga membantu yatim untuk membeli pakaian baru (baju lebaran).

Kriteria anak yatim yang kami santuni yaitu mulai yang berumur 0 tahun sampai umur 15 tahun dan atau lebih dari 15 tahun tetapi masih sekolah tingkat SMA dan bertempat tinggal di Kampung Parakan Jati Rt. 05/03 Desa Susukan.

Pada setiap akhir bulan kami menyebarkan amplop kosong kepada setiap Kepala Keluarga  dan berharap  setiap Kepala Keluarga menyisihkan sebagian milik rezekinya untuk saling berbagi. Amplop yang telah kami sebar pada akhir bulan tersebut akan dikumpulkan atau ditarik kembali pada  Setiap bulan minggu ke-1 yang pemungutannya ditempatkan  di Musholla kami yaitu Musholla Hidayatullah.

Dengan menggunakan pengeras suara sang penyiar (pengumpul dana) memanggil manggil warga untuk datang menyerahkan amplop yang tentunya telah diisi uang. Dengan antusias dan spontan wargapun datang mengantarkannya. Alhasil dana yang terkumpul tidak kurang dari Rp 1.000.000,00 tiap bulan.
Selain dari warga setempat, kami juga memperoleh dana tambahan dari donatur yang ada di Jakarta dan mereka adalah para karyawan sebuah perusahaan. Dari para donatur  yang bekerja di sebuah perusahaan itu  tiap bulan terkumpul kurang lebih Rp 700.000,00.

Tetapi penyebaran amplop dan penarikan dana tidak tiap bulan kami lakukan, pada bulan-bulan tertentu kami tidak melakukan pemungutan, seperti bulan Ramadhan atau bulan lain yang terkadang ada pungutan untuk lingkungan. Misalnya ketika warga sedang mengumpulkan dana untuk pengecoran jalan dan di musholla akan mengadakan perayaan maulid kami tidak melakukan pemungutan. Hal itu kami lakukan karena takut warga merasa terbebani.

Alhamdulillah, dalam kesederhanaan hidup 
kami warga Rt. 05/03 Desa Susukan 
masih dapat berbagi  kepada anak-anak yatim dilingkungan kami
Kami berharap langkah kami dapat di ikuti oleh para pembaca 
dilingkungannya masing-masing, semoga.
 
Pada tiap bulan minggu ke-2 kami menyerahkan santunan kepada yatim-yatim yang ada di lingkungan kami  ( Parakan Jati RT. 05/03) dan biasanya santunan diberikan  di Musholla Hidayatullah ba'da Maghrib atau di Majlis Ta'lim Malam Minggu yang merupakan majlis ta'lim tingkat Rt.05/03 Kp. Parakan Jati Desa Susukan.

Mengenai pelaporan keuangannya kami para pengurus setiap bulan melaporkan baik melalui pengeras suara Musholla ataupun di majlis ta'lim Makam Minggu. Kamipun memberikan kesempatan kepada warga untuk bertanya secara detil dan terbuka mengenai keuangan tersebut baik dalam forum majlis ta'lim maupun secara pribadi kepada pengurus.
 
Melalui artikel ini kami  menyampaikan ucapan terimakasih kepada pada donatur, baik yang ada di lingkungan Rt. 05/03 maupun yang ada di luar lingkungan Rt.05/03 dan semoga  Allah Swt memberikan yang terbaik  buat kita semua, Amin......