Indikator :
Disajikan rublik khusus surat pembaca, siswa dapat menemukan kalimat saran yang
tepat.
Di
dalam koran atau majalah terdapat berbagai macam karangan dan informasi, baik
fiksi maupun non fiksi. Informasi tersebut akan dikelompokkan berdasarkan
jenisnya masing-masing. Pengelompokkan tersebut dinamakan rublik atau ruang
tetap yang memuat informasi sejenis.
Dalam
sebuah majalah misalnya, terdapat ruang tetap (ruplik) mengenai tajuk rencana, surat
pembaca, cerpen, puisi, cergam, laporan kunjungan, artikel, dan lain-lain.
Isi
rubrik surat pembaca biasanya berupa keluhan, kritkan atau saran. Saran adalah
pendapat atau usul yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Kritik merupakan kecaman
atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk
terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.
Setiap majalah atau koran memiliki nama rubrik yang berbeda.
Kita dapat memberikan tanggapan, saran,
pertanyaan atau kritik terhadap isi sebuah ruplik khusus. Caranya sebagai berikut.
1. Tentukan tanggapan: saran, pertanyaan,
atau kritik yang akan kamu sampaikan!
2. Tentukan alasan atas tanggapanmu!
3. Sampaikan tanggapanmu dengan kalimat yang
runtut, mudah dipahami, dan sopan!
Perhatikan
contoh yang disampaikan Nafi dalam menanggapi
rublik khusus yang terdapat dalam majalah Bobo. Dalam hal ini Nafi menanggapinya
dalam bentuk pertanyaan.
SUMBER : www.crayonpedia.org/mw/Aku_Cerdas!
Perhatikan
contoh informasi dalam sebuah surat kabar berikut !
Dari
informasi di atas kita dapat membuat kalimat saran yang sesuai dengan rublik
khusus tersebut.
Contoh
kalimat saran tersebut antara lain :
Seharusnya
agar warga tidak terganggu pemelihara ayam selalu menjaga kebersihan kandang
ayamnya, agar tidak ada lalat dan tidak bau.
Latihan
soal
1. Perhatikan rublik
surat pembaca dari majalah Bobo berikut !
Hello, Bo! How are you? Bo, apa benar kalau ada
yang kirim ‘Apa kabar, Bo?’ lewat surat pernah ada yang enggak dimuat? Kalau benar,
suratku ini dimuat, ya. Please!
Soalnya ini surat yang terakhir yang boleh aku kirim ke Bobo. Bo, aku enggak berlangganan Bobo, tetapi aku membeli majalah Bobo terus karena aku enggak mau ketinggalan setiap edisinya. Oh,
ya, Bo. Siapa yang mau bersapen denganku, silahkan! Aku ingin punya sapen laki-laki atau perempuan
umur 9-12 tahun. Sudah itu saja. Maaf, kalau surat dan namaku kepanjangan.
Salam untuk kakak-kakak redaksi dan juga penghuni Negeri Kelinci.
Sumber:
Bobo, Tahun XXXIX, 8 Desember 2011
Kalimat
saran yang tepat sesuai dengan isi surat pembaca diatas adalah . . .
a. Surat
pembaca merupakan media untuk mengungkapkan isi hati pembaca kepada
redaksi majalah.
b. Sebaiknya
kita jangan hanya meminta surat pembaca kita dimuat, tetapi buatlah surat
dengan bahasa yang menarik dan jelas.
c.
Dalam
menulis surat kita harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
d.
Tidak
ada salahnya kita meminta orang lain untuk bersahabat pena dengan kita.
2. (1)
Hai Bo, apa kabar ? Semoga baik-baik saja ya !
(2) Bo, kok aku
mengirim surat di “apa kabar, Bo” tidak pernah dimuat, sih ?
(3) Oh iya, Bo.
Bagaimana kalau surat dari teman-teman yang tidak dimuat
dijadikan minibook sebagai bonus ?
(4) Terus tolong
faunanya tentang hiu goblin, Bo !
Sumber
: Bobo, Tahun XXX1X, 10 Nopember 2011.
Kalimat saran yang
tepat terdapat dalam rublik surat pembaca tersebut adalah ....
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)