Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Jumat, 14 Desember 2012

MENENTUKAN IDE POKOK SEBUAH PARAGRAF (edisi latihan UN SD 2013)


Indikator 3
Menentukan ide pokok dari salah satu faragraf.

Memahami  Paragraf
Paragraf adalah rangkaian kalimat yang terdiri dari satu gagasan utama (pikiran utama) ditambah dengan beberapa gagasan penjelas (kalimat penjelas)  yang saling berkaitan dan tersusun secara berurutan.

Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar (ide) pengembangan sebuah paragraf. Dengan demikian maka gagasan utama (kalimat utama) sebuah paragraf merupakan rangkuman seluruh isi kalimat dalam paragraf tersebut. Atau dapat kita katakan bahwa gagasan utama (kalimat utama) dari sebuah paragraf adalah ide pokok yang menjiwai paragraf tersebut. Letak gagasan utama (kalimat utama) dapat di awal (deduktif), tengah, atau di akhir (induktif) sebuah paragraf.

Gagasan penjelas (kalimat penjelas) adalah kalimat tambahan yang dirangkaikan dengan gagasan utama (kalimat utama) sehingga paragraf tersebut mudah dipahami dan padu. Gagasan penjelas  atau kalimat penjelas pada umumnya terdiri dari beberapa kalimat yang saling berkaitan.

Perhatikan contoh paragraf berikut !

            Nyamuk mempunyai bentuk mulut penusuk dan penghisap. Dengan mulut itu, nyamuk dapat menghisap makanan berupa darah manusia. Karena fungsinya sebagai penusuk, mulut nyamuk berbentuk tajam atau runcing dan panjang. Nyamuk menggunakan mulutnya untuk menusuk kulit manusia dan kemudian menghisap darah manusia.

Ide pokok atau gagasan utama dari paragraf di atas adalah nyamuk mempunyai bentuk mulut penusuk dan penghisap. Gagasan utama atau ide pokok dari paragraf di atas terletak pada awal kalimat.

Kalimat – kalimat penjelas dari paragraf di atas adalah :
-     Dengan mulut itu, nyamuk dapat menghisap makanan berupa darah manusia.
-     Karena fungsinya sebagai penusuk, mulut nyamuk berbentuk tajam atau runcing dan   
    panjang.
-     Nyamuk menggunakan mulutnya untuk menusuk kulit manusia dan kemudian menghisap 
    darah manusia.

Contoh soal :

            Wabah flu burung membuat rugi para peternak ayam potong dan pedagang burung hias. “Sudah seminggu ini tidak ada satu ekor burungpun yang laku terjual,” kata pedagang burung hias di Pasar Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pernyataan pedagang ini akhirnya tersiar juga kepedagang unggas lainnya. Kini merekapun mulai gelisah dan khawatir.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....
a.  Sudah seminggu ini tidak ada satu ekor burungpun yang laku terjual.
b.  Wabah flu burung membuat rugi para peternak ayam potong dan pedagang burung hias
c.   Pernyataan pedagang ini akhirnya tersiar juga kepedagang unggas lainnya.
d.  Kini merekapun mulai gelisah dan khawatir.