Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Senin, 12 Maret 2012

ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN FUNGSINYA


Dengan memuji kebesaran dan kemurahan Allah SWT, kita bersyukur bahwa sampai saat ini ketika anda membuka web ini, anda masih diberikan nikmat sehat, sehingga masih dapat bernapas dengan leluasa. Kita bersyukur memiliki alat -alat pernapasan yang sempurna. Oleh karena itu jagalah kesehatan alat-alat pernapasan yang kita miliki.
 Bernapas adalah proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Alat-alat pernapasan manusia terdiri dari :

1. Hidung

Hidung sebagai tempat keluar masuk udara pernapasan. Dalam hidung udara disaring oleh rambut hidung. Sedangkan selaput lendir berfungsi untuk menyesuaikan suhu dan kelembaban udara yang masuk.

2. Tenggorokan

Udara dari rongga hidung turun ke tenggorokan. Dalam tenggorokanpun terdapat rambut halus yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang lolos ke tenggorokan. Tenggorokan bercabang menjadi bronkus kanan (menuju paru-paru kanan) dan bronkus kiri (menuju paru-paru kiri).

3. Paru - Paru

Bronkus bercabang-cabang menjadi bronkiolus. Bronkiolus memiliki percabangan yang jumlahnya banyak. Setiap ujung cabang membentuk kantong tipis yang disebut alveolus. Pada alveolus ini terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida. Setelah itu, karbondioksida dari paru-paru menuju tenggorokan, kumudian ke lubang hidung untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.