Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Sabtu, 10 Maret 2012

GLOBALISASI DAN DAMPAKNYA


1. Pengertian Globalisasi
Globalisasi adalah masuknya semua aspek kehidupan yang mendunia. Yang dimaksud dengan semua aspek kehidupan yaitu mulai dari makanan, pakaian, budaya sampai dengan media komunikasi dan informasi. Mendunia maksudnya adalah bahwa  manusia sebagai makhluk sosial (makhluk yang bermasyarakat)  kita tidak bisa menolak adanya pengaruh yang datang dari berbagai belahan dunia dan karena kita tidak dapat menolak maka sebagai bangsa yang berkepribadian kita harus selektif dalam menerima semua pengaruh asing. Selektif artinya pandai memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang sesuai dengan budaya kita dan mana yang tidak sesuai dengan budaya kita, karena tidak semua pengaruh yang datang dari luar itu baik. Maka sebagai bangsa yang  mempunyai kepribadian ambilah pengaruh yang baik dan singkirkan pengaruh yang tidak baik.
Contoh globalisasi adalah jika hendak menonton pertandingan sepak bola di luar negeri kita tidak perlu pergi jauh-jauh ke lokasi pertandingan tetapi kita cukup duduk di rumah bersama teman teman sambil menyaksikan pertandingan sepak bola tersebut melalui media televisi. 
Penyebab Globalisasi
Terjadinya globalisasi disebabkan majunya daya pikir manusia yang terus berkembang terutama dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi (komunikasi). Karena kemajuan  daya pikir manusia itulah sejak zaman dahulu terlebih-lebih sekarang  globalisasi terus terjadi.

2. Perubahan Perilaku Akibat Globalisasi 
Globalisasi telah mampu mengubah perilaku masyarakat dunia. Beberapa contoh perubahan perilaku masyarakat karena globalisasi :
a. Gaya hidup
Arus globalisasi berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat. Gaya hidup ini dapat bersifat positif dan dapaf pula bersifat negatif. Yang perlu kita sikapi adalah apakah pengaruh gaya hidup yang datang dari luar sesuai dengan kepribadian bangsa, norma agama dan budaya. Karena tidak jarang orang cenderung  meniru hal-hal yang tidak baik dari pada yang baik. Intinya adalah kita punya prinsif bahwa semua yang datang dari negeri orang tidak semua baik, banyak pengaruh yang datang dari luar tidak baik. Sebagai contoh : Orang Amerika  tidak masalah memanggil orang yang lebih tua tanpa sebutan “Pak”, “Bu” atau “Kak”, tapi bagi kita orang Indonesia akan dianggap tidak sopan.

      b. Makanan dan minuman
Akibat adanya globallisasi makin banyak kita jumpai berbagai jenis makanan dan minuman dari mulai makanan khas daerah sampai dengan makanan olahan luar negeri. Maka tidak dapat dipungkiri jika sekarang ini muncul berbagai makanan siap saji yang disediakan oleh cafe, restauran dan sejenisnya. Bahkan orang Indonesia dibuat makin asing dengan makanan dan minuman  khas daerahnya sendiri. Padahal makanan dan minuman tersebut terkadang bercampur bahan kimia yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.
Maka tidak aneh jika sekarang kita lebih mengenal Cafe daripada warteg. Kita lebih mengenal coca cola daripada bajigur dan sebagainya.

      c. Pakaian
Arus globalisasi juga berpengaruh besar terhadap jenis dan model pakaian. Dalam hal pakaian ini kita dituntut untuk benar-benar selektif dalam memilih pakaian, karena pakaian yang datang dari luar belum tentu sesuai dengan pakaian orang Indonesia. Pakaian yang kita pakai haruslah yang pantas, sopan. Bahkan menurut tuntunan agama (Islam) pakaian yang kita pakai haruslah menutup aurat.
Berhati-hatilah dalam berpakaian karena pakaian yang kita pakai mencerminkan kepribadian.

      d.  Komunikasi
      Cara orang berkomunikasi saat ini makin canggih seiring dengan ditemukannya berbagai alat komunikasi seperti telepon seluler, internet dan sebagainya. Dengan alat-alat komunikasi tersebut kita makin mudah berhubungan dengan orang lain dimanapun dan kapanpun. Dengan internet kita dapat dengan mudah mencari berbagai informasi yanng kita inginkan tanpa harus pergi ke suatu tempat. Dengan internet kitapun dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada jauh hanya dengan mengirimkan E-mail (Elektronik mail) melalui komputer.
      Kemudahan berkomunikasi ini membuat proses globalisasi terjadi makin cepat dan makin meluas. Dengan demikian kita makin cepat menerima informasi dari berbagai tempat di belahan dunia manapun. 

      e. Transportasi
      Kemajuan teknologi transportasi ikut mendorong semakin cepatnya terjadi globalisasi. Karena dengan alat transportasi yang makin maju akan mempercepat terjadinya pergerakan orang dan barang. Perpindahan orang dan barang akan makin cepat dengan menggunakan pesawat udara.Kemajuan akan mempercepat waktu tempuh tanpa memperpendek jarak tempuh.
     
      f. Nilai-nilai Tradisi
      Pengaruh globallisasi ikut memberi warna terhadap nilai-nilai tradisi suatu daerah. Terkadang akibat globalisasi ini kita sulit memilih apakah ini tradisi asli atau tradisi dari luar. Jika kita tidak selektif dalam memilih bisa-bisa tradisi kita yang dapat tergantikan dengan tradisi dari luar yang kurang baik. 

Setelah mengetahui tentang globalisasi  dan pengaruhnya, semua ada di tangan kita, apakah kita menganggap semua yang datang dari luar negeri itu baik ? Atau sebaliknya ? Ambilah pengaruh luar yang baik dan buanglah pengaruh luar yang tidak baik. Intinya adalah sikap selektif dalam menerima pengaruh dari luar, Oke ?