Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat
peluang usaha

Sabtu, 24 Maret 2012

DAUR HIDUP HEWAN (Metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna)

Salah satu ciri mmakhluk hidup adalah berkembangbiak. berkembangbiak artinya memiliki keturunan yang  sama dengan induknya. Perkembangbiakan hewan terbagi dua yaitu secara kawin atau generatif (ovivar = bertelur, vivipar = melahirkan dan ovovivipar = bertelur melahirkan) dan secara tak kawin atau vegetatif (fragmentasi dan tunas).
Perkembangbiakan hewan secara kawin maupun tidak kawin akan mengalami masa pertumbuhan menuju dewasa yang dikenal dengan istilah daur hidup. Daur hidup hewan dimulai dari telur sampai menjadi dewasa. Daur hidup hewan ada mengalami metamorfosis dan ada pula yang tidak mengalami metamorfosis. Hewan dikatakan mengalami metamorfosis jika dalam daur hidupnya mengalami perubahan bentuk yaitu bentuk hewan muda sangat berbeda dengan hewan dewasanya.
Seekor kucing tidak menngalami metamorfosis karena kucing yang baru lahir (kucing muda) bentuknya sama dengan kucing dewasa. Kucing hanya mengalami masa pertumbuhan.
Metamorfosis terbagi dua yaitu :
1. Metamorfosis sempurna
Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu, katak dan lalat.
a. Metamorfosis kupu-kupu
Metamorfosis kupu-kupu yaitu :
Telur - ulat kecil - ulat dewasa - kepompong - kupu kupu











b. Metamorfosis katak

Metamorfosis katak yaitu :
Telur - berudu/ kecebong - berudu berekor - katak muda - katak dewasa







c. Metamorfosis lalat
Metamorfosis lalat yaitu :
Telur - belatung - pupa - lalat dewasa












2. Metamorfosis tidak sempurna
Metamorfosis tidak sempurna adalah proses pertumbuhan hewan dengan tidak mengalami perubahan bentuk, hewan yang baru menetas hampir sama bentuknya dengan hewan dewasa hanya ada bagian yang belum tumbuh. Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna antara lain :

a. Belalang













b. Kecoa

Metamorfosis kecoa : Telur - nimfa - kecoa dewasa









c. Nyamuk
Metamorfosis nyamuk : Telur - larva - pupa - nyamuk dewasa