Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Rabu, 11 April 2012

CIRI FISIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MEMASUKI MASA PUBER



Masa remaja disebut masa puber atau masa akil baliq merupakan masa peralihan dari masa anak - anak menuju masa dewasa. Seseorang yang memasuki masa remaja ditandai dengan beberapa perubahan baik yang tampak (terlihat langsung) atau pun yang tidak nampak (tidak terlihat langsung). Perubahan yang nampak disebut perubahan sekunder sedangkan perubahan tidak nampak disebut perubahan primer. Tetapi satu hal yang pokok yang perlu diperhatikan adalah terjadinya perubahan primer, artinya seseorang dikatakan telah masuk masa remaja atau masa puber jika orang tersebut telah telah mengalami perubahan primer. Karena perubahan primer itulah yang menandakan bahwa seseorang telah mampu bereproduksi.

Masa puber seorang perempuan biasanya lebih cepat jika dibanding masa puber seorang laki-laki. Berikut adalah ciri-ciri masa puber yang dialami oleh seseorang, baik laki-laki maupun perempuan.

1. Ciri Masa Puber Laki-Laki
a. Perubahan primer : Mimpi basah yaitu mimpi bergaul antara lawan jenis sehingga mengeluarkan cairan (sperma) dari alat kelamin laki-laki.

b. Perubahan sekunder :
1). Tumbuh jakun pada leher. Jakun adalah bagian yang menonjol pada leher seseorang.
2). Tumbuh rambut pada bagian tubuh tertentu, seperti pada sekitar kemmaluan, ketiak, kumis.
3). Dada lebih bidang.
4). Suara menjadi lebih berat (besar).

2. Ciri Masa Puber Perempuan
a. Perubahan primer : datangnya masa haid atau menstruasi, yaitu keluarnya darah kotor dari kemaluan.

b. Perubahan sekunder :
1). Pinggul membesar
2). Payudara membesar
3). Tumbuh rambut pada sekitar kemaluan dan ketiak

Seorang perempuan yang sudah menstruasi menandakan bahwa alat perkembangbiakannya telah berfungsi, yaitu telah dapat menghasilkan sel telur.