Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Jumat, 06 April 2012

ORGANISASI - ORGANISASI INTERNASIONAL DI BAWAH NAUNGAN PBB

Pada bahasan sebelumnya telah diuraikan tentang badan - badan PBB. Jumpa kali ini membahas tentang organisasi khusus yang berada di bawah naungan PBB. Organisasi - organisasi tersebut antara lain :
1. FAO (Food and Agriculture Organization).














FAO adalah organisasi khusus PBB yang menangani pangan dan pertanian. Organisasi ini berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945 dengan tugas yaitu mengembangkan pertanian dan meningkatkan standar gizi penduduk dunia.

2. ILO (International Labour Organization)

ILO adalah organisasi khusus PBB yang menangani masalah perburuhan internasional. Oleh karena itu ILO disebuh juga organisasi buruh dunia. ILO berdiri tanggal 11 April 1919, yang kemudian pada tahun 1946 bergabung dengan PBB. Tugas ILO adalah meningkatkan taraf hidup buruh internasional.


3. IDA (International Development Association)

IDA adalah perhimpunan pembangunan internasional yang berdiri pada tanggal 24 September 1960 dengan tugas pokoknya yaitu memberikan pinjaman kepada negara berkembang untuk proyek-proyek pembangunan.



4. UNICEF (United Nations Childrens Fund)

UNICEF adalah organisasi internasional dibawah naungan PBB yang menagani masalah dalam menolong dan menyantuni anak-anak yang mengalami penderitaan, baik karena kemiskinan dan keterbelakangan maupun karena bencana alam dan korban perang.





5. UNESCO (United Nations Educational Scientific and Cultural Organization)

UNESCO didirikan pada tanggal 4 Nopember 1946 yang merupakan organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di bawah naungan PBB. Organisasi ini bertugas membina kerjasama internasional dibidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

6. UNHCR

Tugas UNHCR yaitu menangani dan membantu para pengungsi yang menjadi masalah bagi suatu negara. UNHCR didirikan pada tanggal 1 Januari 1951.

7. IMF  (International Monetary Fund)

IMF adalah organisasi yang menangani masalah moneter dan perdagangan internasional. IMF didirikan pada tanggal 27 Desember 1945.

8. WHO (Word Health Organization)

WHO berdiri pada tanggal 1 April 1948 dengan tugas membantu negara anggota PBB dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

9. WTO

WTO adalah organisasi perdagangan dunia dengan tugas mengusahakan keseimbangan perdagangan dan harga pasar dunia. Dahulu WTO bernama GATT.

Jika sajian ini bermanfaat buat anda, jangan lupa berikan komentar, kritik dan saran untuk perbaikan dan motivasi bagi blog ini.