Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Rabu, 11 April 2012

PERTUMBUHAN FISIK MANUSIA SETELAH LAHIR


Salah satu ciri makhluk hidup adalah dapat tumbuh. Begitu juga pada manusia. Manusia yang merupakan bagian dari makhluk hidup dapat tumbuh. Tumbuh adalah bertambahnya ukuran ukuran berat, panjang dan lebar. Secara umum pertumbuhan fisik manusia setelah lahir dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :

1. Masa Balita dan Masa Anak - Anak
Masa balita dimulai sejak bayi dilahirkan, yaitu usia 0 tahun hingga usia 5 tahun. Balita artinya bawah lima tahun. Pada masa balita sel - sel tubuh dapat tumbuh dengan cepat, setiap tahunnya berat badan dapat bertambah hingga 2,5 kg, dan tinggi badan dapat bertambah hingga 7,5 cm setiap tahunnya.
Diatas usia 5 tahun sampai 10 tahun disebut masa anak-anak. Pada tahap ini pertumbuhan fisik biasanya menunjukkan pertumbuhan yang stabil hingga tahap masa remaja.

2. Masa Remaja
 Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Masa remaja umumnya dimulai ketika anak berusia diatas 10 tahun. Biasanya perempuan lebih dahulu  mengalami masa remaja dibandingkan dengan laki-laki.

3. Masa Dewasa
Masa dewasa dimulai kira-kira manusia berumur diatas 17 tahun sampai usia 55 tahun. Kedewasaan seseorang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, diantaranya usia, kematangan dan emosional. Pada masa dewasa tubuh sudah tidak lagi bertambah tinggi hingga masa usia lanjut. Pada masa dewasa yang dapat bertambah hanyalah berat badan.

4. Masa Usia Lanjut
Masa usia lanjut dimulai sejak berumur 55 tahun dan seterusnya. Pada masa ini banyak mengalami penurunan fungsi organ tubuh, sehingga sering terserang berbagai penyakit.


Demikianlah pertumbuhan fisik manusia sejak lahir hingga masa usia lanjut. Dari tahapan- tahapan pertumbuhan tersebut ada satu masa yang paling rentan terhadap pembentukan kepribadian seseorang yaitu pada masa remaja. Masa remaja begitu penting dalam mempersiapkan kematangan seseorang menuju masa dewasa. 


Karena begitu pentingnya masa remaja maka kita terutama orang tua haruslah mengetahui tentang ciri-ciri seseorang yang telah memasuki masa remaja. Sampai bertemu lagi pada bahasan Ciri - ciri Laki -Laki dan Perempuan yang Memasuki Masa Remaja