Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Senin, 09 April 2012

LETAK, LUAS DAN IKLIM DI INDONESIA

1. Letak Indonesia
Secara geografis letak Indonesia strategis karena terletak diantara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia serta diantara dua samudra yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik. 
Secara ekonomi pun letak Indonesia sangat menguntungkan karena terletak di jalur perdagangan internasional, Indonesia sangat kaya dengan hasil alam, dan kaya akan budaya.
Secara astronomis letak Indonesia yaitu pada 6 0 LU – 11 0 LS dan 95 0 BT – 141 0 BT 
Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa / garis equator yaitu garis melintang pada peta yang membagi dunia menjadi dua bagian yang sama luas antara utara dan selatan. Karena Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa maka secara umum Indonesia beriklim tropis.


2. Luas Indonesia
Indonesia adalah negara yang sangat luas kurang lebih 5.176.800 km2 dan merupakan negara kepulauan. Luas wilayah daratan Indonesia kurang lebih 1.919.443 km2, sedangkan luas lautannya kurang lebih 3.257.357 km2. Jadi luas daratan dan lautan perbandingannya 2/3.
Adapun pulau-pulau paling ujung yang ada di Indonesia yaitu : Pulau Breuh ujung paling barat, Pulau We ujung paling utara, pulau Rote ujung paling selatan dan sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini. 


3.Iklim di Indonesia
Ada 3 iklim di Indonesia yaitu :
1). Iklim Tropika karena Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa
2). Iklim Laut yaitu iklim yang dipengaruhi oleh laut karena indonesia dikelilingi oleh lautan.
3). Iklim Muson (Musim) yaitu :



Muson barat
Muson barat atau muson musim dingin timur laut adalah angin yang bertiup pada bulan Oktober-April di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia sedang mengalami musim panas, berakibat pada tekanan minimum dan benua Asia lebih dingin, berakibat memiliki tekanan maksimum. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekenan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Asia menuju benua Australia, dan karena menuju Selatan Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kiri. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim hujan akibat adanya massa uap air yang dibawa oleh angin ini, saat melalui lautan luas di bagian utara (Samudra Pasifik dan Laut Cina Selatan).
Muson timur
Muson timur atau muson musim panas barat daya adalah angin yang bertiup pada bulan April-Oktober di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australia musim dingin, sehingga bertekanan maksimum dan Benua Asia lebih panas, sehingga bertekanan minimum. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Australia menuju benua Asia, dan karena menuju utara Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kanan. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan yang sempit.
Selain angin muson di Indonesia juga terdapat angin yang bertiup di daerah setempat antara lain :
1). Angin gending di Jawa Timur
2). Angin bahorok di Sumatera Utara
3). Angin barubu / Brubu di Sulawesi Selatan
4). Angin kumbang di Jawa Barat
5). Angin wambrau di Papua / Irian Jaya